Kelas berat badan dalam pencak silat

Ketua Pertandingan melalui Dewan Juri berhak mengesahkan atau membatalkan hukman pengurangan nilai yang dibuat oleh para Juri kepada Pesilat besangkutan apabla Pesilat melanggar ketentuan seperti bersuara berteriak, keluar garis, dengan ketentuan jika 3 tiga Juri menentukan hukuman maka hukuman tersebut dibatalkan.

Bila nilai tetap sama, pemenangnya adalah peserta dengan waktu peragaan lebih atau kurang yang terkecil mendekati kepada ketetapan waktu 3 menit 7. Oleh karena itu, dalam beladiri pencak silat pun terkandung seni budaya para leluhur. Sebagai tindak lanjut dari pemikiran-pemikiran tersebut dan atas anjuran Presiden Soeharto, program olahraga massal yang bersifat penyegaran jasmani digarap terlebih dahulu, yang telah menghasilkan program Senam Pagi Indonesia SPI.

Nilai kemenangan Nilai kemenangan diberikan berdasarkan enam cara berikut: Peringatan III: Beberapa jenis sikap kuda-kuda antara lain sebagai berikut: Setelah Peringatan II masih dapat diberikan teguran terhadap pelanggaran ringan dalam babak yang sama.

Serangan yang berhasil mendapat nilai sesuai dengan ketentuan nilai untuk tekhnik serangan yang digunakan. Di masa lalu tidak semua daerah di Indonesia menggunakan istilah Pencak Silat. Untuk mencapai prestasi lompatan, terdapat beberapa faktor yang memengaruhi.

Kuda-kuda sangat penting dalam beladiri, karena merupakan pondasi dalam setiap serangan atau bertahan. Oleh karena itu, setiap pesilat harus menguasai teknik dasar yang satu ini. Jika keduanya tidak segera bangkit, maka dilakukan hitungan mutlak untuk keduanya dan apabila hal ini terjadi pada awal babak I dan keduanya belum memperoleh nilai maka penentuan kemenangan ditentukan seperti Bab II pasal 8 ayat 7.

Serangan dengan kaki yang masuk pada sasaran, tanpa terhalang oleh tangkisan, hindaran atau elakan lawan. Pada tengah-tengah bidang laga dibuat lingkaran dengan garis tengah 2 m selebar 5 cm sebagai batas pemisah sesaat akan dimulai pertandingan.

Teknik pembelaan harus sesuai dengan teknik menyerang dan bertahan. Sasaran penilaian ditujukan kepada faktor: Jelaslah, bahwa sejak zaman sebelum penjajahan Belanda kita telah mempunyai sistem pembelaan diri yang sesuai dengan sifat dan pembawaan bangsa Indonesia.

Jika salah satu tidak dapat bangkit akan diadakan hitungan mutlak. Anda akan mempraktikkan keduanya dengan menggunakan peraturan yang sebenarnya serta nilai kerja sama, kejujuran, menghargai lawan, kerja keras, menanamkan percaya diri, semangat, dan menerima kekalahan.

Menang Angka a.

Teknik sapuan yang dilaksanakan lebih dari 2 dua kali secara berturut-turut pada masing-masing babak dengan tujuan mengulur-ulur waktu akan mendapat teguran dari wasit.

Faktor yang cukup dominan menentukan tingkat keberhasilan dalam melakukan lompat jauh menyangkut kemampuan menerapkan teknik, strategi, dan taktik secara efektif dan efisien.

Bandul Mengayunkan tangan salah satunya berbentuk kepalan kearah sasaran ulu hati, dan tangan yang satu lagi tetap menutup arah sasaran lawan ke dia. Menang Angka a. Bila nilai masih tetap sama, pemenangnya adalah peserta yang mempunyai nilai kemantapan, penghayatan dan stamina tertinggi.Pembagian kelas menurut berat badan hanya berlaku untuk kategori TANDING yang dilakukan dengan penimbangan badan.

Penimbangan pertama: Penimbangan pertama dilakukan sekurang-kurangnya 6 (enam) jam sebalum dimulainya pertandingan pertama dalam satu kejuaraan.

Pencak Silat

ยท Di Kelas Berat ini menyuguhkan pertarungan yg tak kalah seru sm kelas yg lain meskipun pertarungannya cukup singkat tp sangat seru justgohostelbraga.com: M2Y Channel. Pertandingan Pencak Silat Indonesia dilakukan berdasarkan rasa persaodaraan dan jiwa kesatria dengan menggunakan unsur-unsur beladiri, Pesilat yang tidak memenuhi ketentuan berat badan dalam penimbangan menurut kelas yang diikutinya, dikenakan sangsi diskualifikasi.

4. Pencak Silat sebagai bagian dari kebudayaan bangsa Indonesia berkembang sejalan dengan sejarah masyarakat Indonesia. Dengan aneka ragam situasi geografis dan etnologis serta perkembangan zaman yang dialami oleh bangsa Indonesia, Pencak Silat dibentuk oleh situasi dan justgohostelbraga.com: Suyono.

Ada 3 sikap pasang dalam pencak silat yaitu sikap pasang atas, tengah, dan bawah. Sikap pasang atas dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut: berdiri dengan kaki ditempatkan di depan, dan lutut agak ditekuk dan kaki yang lain di belakang, berat badan ditumpukan pada kaki yang berada di depan, kedua tangan melakukan sikap pasang di depan badan, pandangan mengarah lurus ke depan.

2.

Atletik dan Pencak Silat. Materi Penjas SMA Kelas XII

Sikap. Dalam pertandingan kategori tanding, pesilat saling berhadapan menggunakan unsur pembelaan dan serangan pencak silat, yaitu menangkis/mengelak, menggenakan sasaran dan menjatuhkan lawan.

Dengan menerapkan kaidah-kaidah pencak silat serta mematuhi larangan-larangan yang ditentukan.

Kelas berat badan dalam pencak silat
Rated 0/5 based on 29 review