Tinjauan obesitas anak sekolah

Overweight atau obesitas dapat dimulai pada usia berapapun. Dalam definisi tersebut dikemukakan tiga kriteria remaja yang berbunyi sebagai berikut: Lingkungan hidup.

TINJAUAN PUSTAKA KEGEMUKAN DAN OBESITAS PADA ANAK-ANAK

Terdapat timbunan lemak pada daerah payudara, dimana pada anak-anak laki sering merasa malu karena payudaranya seolah-olah tumbuh. Seseorang cenderung mengonsumsi makanan kaya lemak dan tidak melakukan aktivitas fisik yang seimbang akan mengalami obesitas. Sebenarnya kekecewaan tersebut tidak beralasan, jika anak menunjukkan perkembangan mental yang normal, artinya perkembangan motorik, bahasa, intelektual, emosional, dan sosial sesuai dengan umurnya, maka anak tersebut secara fisik, sosial maupun mental dapat dikategorikan sehat.

Wahyu GG. Status gizi merupakan hasil interaksi antara zat gizi, manusia dan lingkungan. Penilaian status gizi berdasarkan antropometri. Umumnya digunakan dalam situasi tertentu seperti kejadian buta senja endemic. Anak-anak yang obesitas relatif lebih tinggi pada masa remaja awal, tetapi pertumbuhan memanjangnya selesai lebih cepat, sehingga hasil akhirnya memunyai tinggi badan relatif lebih pendek dari anak sebayanya.

Karena itu, pencegahan overweigth dan obesitas dimasa anak amat penting. Kelebihan asupan energi disimpan dalam jaringan lemak. Epidemiolgi Obesitas Angka kejadian obesitas meningkat diseluruh dunia. Daftar Pustaka 1.

Individu berkembang dari saat pertama kali ia menunjukkan tanda-tanda sekundernya sampai ia mencapai kematangan seksual. Kurangnya aktivitas fisik kemungkinan merupakan salah satu penyebab utama dari meningkatnya angka kejadian obesitas ditengah masyarakat makmur.

Pada anak usia sekolah pra pubertas yang obesitas, kita berusaha mempertahankan berat badan anak dan menaikkan tinggi badannya. Saunders Company; Paha dan lengan atas jauh lebih besar, jari-jari tangan relatif kecil dan runcing.

Diunduh dari http: Kurangnya aktivitas fisik kemungkinan merupakan salah satu penyebab utama dari meningkatnya angka kejadian obesitas di tengah masyarakat yang makmur.

Berdasarkan berat badan ringannya, umumnya KEP dibedakan atas tiga yaitu: Seperti pada para atlet yang berlatih dengan teratur akan menyebabkan masa otot yang tumbuh dengan baik akan memunyai berat badan rata-rata yang lebih dari sebayanya, namun tidak dapat disebut sebagai obesitas.

Perlu dilakukan upaya pencegahan dan penanggulangan faktor risiko obesitas pada anak-anak usia tahun dengan menanamkan pendidikan kesehatan pada anakanak sejak usia dini, melalui peningkatan komunikasi, informasi dan edukasi, seperti gerakan anti rokok, gerakan cinta serat sayur dan buahserta membudayakan aktivitas fisik.

Sehingga peraturan diitnya harus dipertimbangkan bahwa anak masih dalam masa pertumbuhan pada usia anak tersebut. Antropometri sebagai indikator status gizi dapat dilakukan dengan pengukuran beberapa parameter.Obesitas anak dapat memberikan tekanan dan regangan yang lebih besar terutama pada tulang kaki daripada anak dengan berat normal.

Oleh karena itu tulang kaki anak obesitas biasanya mempunyai ukuran yang lebih besar, sehingga menyebabkan ketidakseimbangan ketika berjalan ataupun berlari.

Download Hasil penelitian dengan analisa tentang hubungan faktor risiko obesitas dengan tingkat obesitas pada anak sekolah di. Sekolah Dasar Kartika XIV-I Lampriet. Banda Aceh, didapatkan nilai P-value sebesar 0, Kelompok anak usia sekolah merupakan kelompok rentan gizi, kelompok masyarakat yang paling mudah menderita kelainan gizi, bila masyarakat terkena kekurangan penyediaan bahan makanan.

Obesitas pada anak perempuan disebabkan karena pengaruh hormon yang menyebabkan produksi lemak di bagian-bagian tertentu lebih nampak seperti pada bokong, lengan, betis dan payudara. Untuk anak laki-laki pada tahun jumlah anak yang mengalami obesitas sebanyak 6,3%, sementara untuk anak perempuan lebih tinggi yaitu 8,7%.Author: Skripsikesehatanmasyarakat.

i HALAMAN PENGESAHAN TESIS FAKTOR RISIKO OBESITAS PADA ANAK USIA SEKOLAH (Studi Kasus di SD/MI di Kecamatan Tembalang Kota Semarang) oleh: Astidio Noviardhi. BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Anak Usia Sekolah 1. Definisi Anak Usia Sekolah Menurut Wong (), usia sekolah adalah anak pada usia tahun, yang artinya sekolah menjadi pengalaman inti anak.

Tinjauan obesitas anak sekolah
Rated 3/5 based on 5 review